Sabtu, 27 April 2013

Ultah ke-20 harus Meriah?


Assalamu’alaikum wr.wb.

Halooo semuanya, semua makhluk hidup yang ada di bumi, langit, udara, bawah laut, bawah tanah dan seisi jagad raya. Hehe muncul lagi nih buat bagi-bagi cerita. Tema kali ini adalah (jengjengjengjrenjeng):
“Ulang tahun ke-20 harus meriah ? apa iya? Tenane?”
Kabanyakan temen-temenku bilang kalo ultah ke-20 itu harus meriah pokoke, harus berkesan, harus ada surprise….. harus harus dan harus lainnya.

Iiiiiihh berlebihan banget sih mereka itu, apa coba dasarnya bilang seperti itu, apa jangan-jangan mereka merayakan ultah ke-20nya kebetulan meriah atau biasa aja tapi dilebih-lebihkan dan disebut meriah. Haduhh, emang semeriah apa sih ya?
Teman-temanku semua, aku cuma mau muluruskan arti meriah aja buat kalian. Berhubung ulang tahunku yang ke-20 juga tinggal menghitung jam, tapi aku nggak pernah berfikiran untuk memeriahkan ulang tahunku itu sesuai kata tementemen alay itu.
Karena, disetiap pertambahan umur yang aku alami aku selalu berfikir kebelakang atau bahasa gaulnya flash back. Mikir gitu loh ya apakah aku sudah dewasa atau belum. Nah, semua itu aku lihat dari cara berfikirku, sikapku kepada orang lain, dan sifatku:
è Contohnya nih hlo, tiap aku dihadapkan oleh sebuah masalah. Bagaimana cara penyelesaianku, bagaimana langkahnya, strategi baru dilihat hasilnya. Kadang aku juga masih sering salah dalam menyelesaikan sebuah masalah, but no problem karena itu semua proses belajar. Bukannya didunia ini kita harus tetep belajar ya? Ada tuh pepatah bilang “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Inget China jadi keinget sama om Jackie Chan hehehehe. So, jangan pernah menyerah untuk memperbaiki kesalahan kita.
è Attitude, ini dia pondasi yang sangat penting dalam menjalani hidup ini guys. Sikap mencerminkan sifat kita hlo coy, pernah berfikir nggak sih kalo ada seorang yang selalu menganggap semua dari sikap kita itu buruk dimatanya? Tentu pernah ngalamin kan? Yups, karena pendapat atau opini setiap orang dimuka bumi ini berbeda-beda, ada yang klop sama kita tapi selalu ada yang nggak match. Hehehe tergantung cara kita ngadepinnya, kalo aku sih tetep aja jadi diri sendiri, asalkan masih ada perkataan atau tindakan yang harus dipikir dulu sebelum dilakukan. Tentunya kita juga harus sopan sama orang lain, sekalipun kamu sedang mengadakan acara bercandaan, ngelenong atau nge-standup comedy, endingnya harus minta maaf dong ya.
è Yuhuuuu, yang terakhir adalah sifat. Makanan macam ini dibentuk oleh banyak elemen-elemen  kecil yang disebut kebiasaan atau habit. Gini loh ya, sifat dibentuk oleh kebiasaan kita sendiri sedari kita masih bocah sampe segede sekarang ini guys. Pasti inget kan dulu pas kecil ngapain aja, diajarin apa aja sama orangtua kita. Walaupun banyak banget yang nggak keinget, tapi setidaknya ada bekas yang melekat dalam diri kita hlo coy. Presentase terbanyak yang ikut andil dalam pembentukan sifat kita-kita itu ya orang tua kita sendiri atau orang yang merawat kita sewaktu kecil. Tau kan maksudnya? Tau dong hehehe, nah kalo ada seberkas sifat buruk bawaan kecil, nggak perlu diilangin kok. Mungkin hanya sedikit diperbaiki sebisamu. Insyaallah itu semua ada artinya. Perlu nih dicheck pada QS.At Taubah 128-129 tentang fakta dari Nabi Muhammad SAW yang menggambarkan naluri (fitrah) manusia ciptaan Allah SWT.

Lalayeyelalayeye, terus apaan dong yang dimaksud meriah di ultah ke-20? Apakah harus ada petasan? Kembang api? Pentas dangdut? Campursari? Hehehehehe malah ngelantur aja nih.
Meriah, apa ya pendapat kalian?
Buat aku sendiri meriah sama dengan tingkat kesyukuran kita kepada Illah, seberapakah presentase atau level kita dalam bersyukur. Sungguh kuasa Allah SWT tidak ada yang akan pernah menandingi-Nya. Setiap hela nafas yang kita nikmati saat ini hanyalah secuil bagian yang sudah dipersiapkan untuk kelangsungan hidup kita, tentu saja hidup yang semakin baik dari sebelumnya. Bersyukur setiap hari, jam, bahkan setiap detik yang telah terlewati. Apa Cuma bersyukur aja? Nggak dong, pastinya juga harus memperbaiki iman kita bahasa gaulnya aqidah. Sebagai umat muslim tentu saja harus beriman kepada Allah harus bertaqwa, beramar ma’ruf nahi munkar, berlomba-lomba dalam kebaikan. Semakin kita bisa mensyukuri nikmat yang telah Ia berikan, maka semakin meriahnya hari-hari yang kita alami. Dalam bahasan ini yaitu ulang tahun, hari dimana kita pernah dilahirkan oleh ibunda, yang selalu diingat setiap tahunnya. Manusia diciptakan untuk bertakwa kepada Allah, bukan untuk berjalan sombong dimuka bumi ini. Karena semuanya akan kembali pada sang Pencipta. Nah, itu yang aku maksud meriah. Bagaimana dengan kalian? Oke, aku kembalikan lagi deh pada diri kalian masing-masing J

Yah, mungkin Cuma itu aja guys yang bias aku bagi kali ini. Makasih ya, fastabiqul khairat !

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar