Senin, 09 Juli 2012

Atasi STRESS


Stress sebenarnya dapat diatasi dengan mengenali penyebabnya , agar tidak sampai menimbulkan gangguan fisik dan psikis.
Pada umumnya stress dipicu dari berbagai kejadian sebagai berikut :

@ Meninggalnya seseorang yang disayangi
@ Kegagalan
@ Konflik keluarga seperti perceraian atau pertengkaran orang tua
@ Tuntutan kesempurnaan dari pekerjaaan, sekolah , atau lingkungan keluarga
@ Penyakit yang menimpa anggota keluarga
@ Suasana baru karena pindah rumah atau sekolah atau tempat kerja
@ Kemacetan
@ Pengaruh teman atau gang
@ Perubahan mood atau suasana hati tidak stabil


Beberapa orang sering merasa stress karena tugas yang banyak , namun diburu tenggat waktu terbatas . Jalan keluarnya bisa dengan mengatur waktu. Jangan membiasakan menunda mengerjakan tugas , karena ketika tugas itu bertumpuk , stress pun bisa datang. Orang sering merasa stress karena kemacetan . Maka cobalah mengatur waktu dengan berangkat lebih awal atau mencari jalan alternatif. Rasa sedih karena berkabung adalah sesuatu yang wajar terjadi apabila kita mengalami kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi . Biasanya reaksi sedih tersebut akan berakhir seiring dengan berlalunya waktu. Namun ada juga cara yang bagus untuk berjuang melawan stress.


Cara yang oke adalah dengan menelusuri hobi yang mungkin di waktu lalu terpinggirkan karena berbagai kesibukan . Salah satu hobi yang baik adalah berolahraga . Olahraga sangat baik untuk tubuh dan pikiran . Aktifitas fisik membuat tubuh melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat merasa tenang dan nyaman . Kita bisa mencoba jogging , bersepeda ,badminton , atau mengajak teman bermain futsal atau bowling . Selain olahraga , menghabiskan waktu nonton , jalan-jalan ke mall , atau makan di restoran bersama temanbisa membuat kita lebih santai sehingga stress bisa terkendali . Hobi lain yang bagus adalah membaca novel yang kita sukai , memasak , atau belajar membuat blog sendiri . Dan jangan lupa untuk selalu berpikir dan berperilaku positif , serta melakukan pendekatan spiritual dengan cara rajin berdoa dan beribadah sesuai agamanya masing-masing.

Pengelolaan stress dengan baik justru bisa mendatangkan nilai yang positif . Misalnya soal pembuatan target . Jika target itu dianggap sebagai beban , maka kita bisa stress . Tetapi jika target dianggap sebagai tantangan , maka hidup jadi lebih menggairahkan.
Stress bisa menjadi motivator untuk meraih prestasi , asal kita bisa mengelolanya . Jadi kelola stress dengan baik.


Kalau merasa stress datang , berbagi ceritalah dengan seseorang yang dekat dengan kita, seperti orang tua , pasangan hidup , atau teman . Bagus juga untuk saling bercanda dengan orang lain , pergi jalan-jalan atau berlibur dengan teman-teman . Dan jangan mengatasi stress dengan cara yang tidak sehat seperti minum alkohol dan ngedrugs.
(by: restu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar